Friday 31 July 2015

Bidara Laut




KLASIFIKASI


Kingdom
: Plantae
Sub Kingdom
: Tracheobionta
Super Division
: Spermatophyta
Division
: Magnoliophyta
Class
: Magnoliopsida
Sub Class
: Asteridae
Ordo
: Gentianales
Family
: Loganiaceace
Genus
: Strychnos



Bidara laut atau Strychnos lucida
adalah salah satu anggota famili LoganiaceaeNama bidara laut adalah nama dagang, tumbuhan ini sering dijual dalam bentuk serutan kayu.Di daerah Sumatera, tumbuhan ini biasa disebut bidara putih, bidara pahit, dan kayu ular.Semestara itu, di Jawa, tumbuhan ini disebut dara putih dan dara gunung.Lain halnya dengan dimadura, meskipun di madura ada yang menyebut dengan bidara gunung seperti di Jawa, tetapi tumbuhan ini juga disebut buin dan songga di Madura.Orang Bugis menyebutnya aju mapai atau bidara mapai.

NAMA SIMPLISIA
Ligustrinae Lignum; Kayu Bidara Laut. Ligustrinae Semen; Biji Bidara Laut.

URAIAN
Tumbuhan semak, tinggi lebih kurang 2 meter. Berbatang kecil, berkayu keras, dan kuat. Bagian yang digunakan kayu dan biji.

Tumbuhan ini biasa digunakan dengan cara diseduh atau direbus.
Kayu bidara biasanya digunakan untuk mengobati penyakit antara lain;
1.       malaria,
2.       demam,
3.       sakit kulit, rematik,
4.       sariawan,
5.      Menyegarkan Raut Muka
6.      Kurap, Bisul, Radang Kulit Bernanah
7.       dan juga untuk cuci darah.
Bagian batang tumbuhan bidara laun mengandung strikhnin, dan brusin.Dalam pengobatan dengan cara tradisional, penggunaan kayu bidara laut sering kali digunakan bersama dengan simplisia lain.Simplisia lain yang diseduh atau direbus bersama bidara laut bisa satu atau lebih.

Ramuan Obat
1.       Menyegarkan raut muka
Gunakan 100 gram kayu bidara laut, campur dengan 10 gram pegagan dan air mendidih 100 ml. Seduh hingga larut dan minum sekali sehari.
2.       Rematik
Ambil 100 gram kayu bidara laut, 8 gram daun jambu mete muda, 2 gram biji seledri, dan 100 ml air. Rebus hingga mendidih, lalu dinginkan. Minum sekali sehari sekali sebanyak 100 ml. Ulang selama 14 hari atau hingga sembuh.
3.       Bisul dan Radang Kulit Bernanah
Gunakan 500 gram kayu bidara laut 500 mg, 3 gram daun ketepeng, 4 gram rimpang kunyit, dan 110 air. Rebus hingga bahan larut. Kompreskan ke bagian yang sakit setiap tiga jam
.
4.       Obat membersihkan darah
Ambil kayu bidara laut sebanyak 3-4gr, seduh dengan 1 cangkir air panas selama beberapa menit sehingga air berwarna kuning gading. Hasil seduhan diminum sehari 1 kali.

Sumber ( berbagai sumber )

1 comment:

  1. Terimakasih atas ulasan bidara laut, saat ini saya sedang mencari bibitnya dan cara penanamannya, semoga kedpan disini ada artikel yang membahas tentang cara tanam Bidara Laut, terimakasih...

    ReplyDelete