Monday 19 November 2012

Alpokat



Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan
Plantae
Divisi
Magnoliophyta
Kelas
Magnoliopsida
Ordo
Laurales
Famili
Lauraceae
Genus
Persea
Spesies
P. americana
Nama binomial
Persea Americana

Apokat (KBBI: Avokad), alpukat, atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.

Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.


Manfaat

Alpukat memiliki banyak manfaat antara lain
  • Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. 
  • Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. 
  • Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit  
  • Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Selain itu, daging buah alpukat untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Menghaluskan Kulit dengan cara Buah alpukat dilumatkan, balurkan pada wajah dan tangan yang sudah dibersihkan dengan air hangat selama sekitar 30 menit. Haluskan setengah buah alpukat matang, lalu campurkan dengan sebutir kuning telur dan setengah cangkir susu. Aduk rata, dan gunakan sebagai susu pembersih 
  • Daun alpukat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.
 

Kandungan nutrisi dalam satu buah alpukat adalah sebagai berikut :
1. 95 mg fosfor
2. 23 mg kalsium
3. 1,4 mg zat besi
4. 9mg sodium
5. 1,3mg potasium
6. 8,6 mg niacin
7. 660 I.U. Vitamin A
8. 82 mg Vitamin C

Nutrisi penting lain pada alpukat yang bermanfaat untuk kesehatan jantung adalah asam folat. Secangkir buah alpukat memenuhi 23% kebutuhan harian untuk folat. Untuk menentukan hubungan antara asupan folat dan penyakit jantung, penelitian telah dilakukan pada lebih dari 80.000 wanita selama 14 tahun dengan menggunakan kuesioner diet. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang memiliki diet tinggi folat memiliki risiko 55% lebih rendah terkena serangan jantung atau penyakit jantung fatal.
Menghambat kanker

Buah alpukat banyak mengandung mineral yang kesemuannya berguna untuk mengatur fungsi tubuh dan menstimulasi pertumbuhannya. Zat besi dan tembaga yang terkandung di dalamnya membantu proses regenerasi darah merah dan mencegah anemia.
Buah alpukat juga merupakan sumber Vitamin E dan beberapa Vitamin B. Kandungan serat buah alpukat secara simultan juga dapat membantu proses pencernaan. Buah alpukat juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi karena mengandung karbohidrat dan lemak tak jenuh.

Jadi Kesimpulannya manfaat dari buah alpukat bagi kesehatan adalah :
1. Sumber Vitamin E dan B
2. Menurunkan kolesterol darah
3. Melembabkan kulit
4. Membantu regenerasi darah merah
5. Mencegah anemia
6. Mencegah konstipasi
7. Mencegah malnutrisi
8. Sumber kandungan lemak tak jenuh

Buah Alpukat kaya akan lemak yang baik atau yang disebut dengan LDL yaitu kholesterol yang cukup dan yang justru kalo terlalu rendah ga baik buat kesehatan. Jadi cholesterol nggak selamanya jahat. Jenis cholesterol inilah yang buat menyeimbangkan sama cholesterol jahat.

Selain asam lemak tak jenuh, alpukat juga merupakan sumber yang baik untuk kalium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah. Kalium dalam alpukat lebih tinggi daripada dalam pisang berukuran sedang. Asupan kalium yang memadai dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit pembuluh darah, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke.

Berbagai macam manfaat buah alpukat untuk kesehatan;
1.      Menjaga kesehatan jantung
Alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat, yang membantu mengatur kadar homocysteine, vitamin E, Glutathione dan lemak tak jenuh. Tsemua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita.
2.      Menurunkan kadar kolesterol
Buah alpukat kaya akan senyawa beta sitosterol yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah.
3.      Mengontrol tekanan darah
Alpukat juga merupakan sumber kalium, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah.
4.      Mengurangi resiko gangguan inflamasi dan degenerative
Phytonutrisi senyawa yang ditemukan dalam alpukat, seperti polifenol dan flavonoid telah ditemukan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mengurangi risiko gangguan inflamasi dan degeneratif.
5.      Meningkatkan kesehatan mata
Alpukat merupakan sumber yang sangat baik dari lutein karotenoid, yang dikenal untuk membantu melindungi terhadap usia degenerasi makula terkait dan katarak.
6.      Mengatur kadar gula darah
Alpukat juga mengandung lebih banyak serat larut, yang menjaga kadar gula darah stabil.
7.      Mencegah cacat lahir
Alpukat kaya akan folat, vitamin B dikenal sebagai asam folat. Satu cangkir alpukat menyediakan sekitar 23% dari Nilai Harian untuk folat. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti cacat tabung saraf dan spina bifida.
8.      Mengurangi resiko stroke
Tingginya tingkat folat dalam alpukat juga melindungi terhadap stroke. Sebuah penelitian telah membuktikan orang yang makan diet kaya folat memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak
9.      Melindungi terhadap kanker
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Asam oleat dalam avokad juga efektif dalam mencegah kanker payudara.
10.  Melawan radikal bebas
Alpukat mengandung glutation, sebuah antioksidan kuat untuk membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.
11.  Mencegah penuaan dini
Buah alpukat kaya antioksidan olehb karena itu dapat bermanfaat mencegah gejala penuaan. Glutathione dalam alpukat mungkin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat.
12.  Mengobati bau mulut
Alpukat merupakan salah satu mencuci mulut alami terbaik dan obat bau mulut. Alpukat juga membersihkan usus yang merupakan penyebab sebenarnya lidah dilapisi dan ini kondisi yang tidak menyenangkan.
13.  Meningkatkan penyerapan nutrisi pada tubuh.
Sebuah studi menunjukkan bahwa, ketika seseorang makan salad alpukat, nutrisi yang diserap lima kali jumlah karotenoid (kelompok nutrisi yang mencakup beta karoten dan lycopene).
14.  Perawatan Kulit
Minyak alpukata dapat digunakan memlihara kulit dan membuat kulit anda semakin bersinar pastinya.
15.  Menambah berat badan
Alpukat memiliki 200 kalori untuk 100 gram, lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Bagi anda yang ingin menambah berat badan, anda bisa mengonsumsi buah ini.

No comments:

Post a Comment